Suku Unik yang Jarang Diketahui


Tidak dipungkiri jika kehidupan manusia sekarang ini dulunya berasal dari masyarakat kesukuan, lewat pengaruh modernisasi dan besarnya laju migrasi serta urbanisasi pola hidup pun mulai berbeda.

Suku Unik yang Jarang Diketahui

Setiap suku punya pola hidup, adat, budaya sampai bahasa masing-masing. Tapi siapa sangka ternyata masih banyak masyarakat kesukuan yang tidak diketahui oleh masyarakat dunia. Jumlah populasi serta minoritas pun membuat mereka makin hilang ditelan bumi, suku apa saja mereka?

Berikut 4 suku unik yang jarang diketahui dunia.

1. Suku Sami


Masyarakat suku Sami yang mendiami bagian utara Skandinavia dan bagian barat laut Rusia menjadi salah satu suku minoritas yang sampai sekarang tidak banyak diketahui. Mirisnya lagi meski punya keunikan tersendiri masyarakat suku Sami harus mengalami perlakukan buruk hanya karena mereka masyarakat minoritas. Bahkan Norwegia sempat memaksa masyarakat suku Sami masuk menjadi masyarakat Norwegia. Kini keberadaan mereka pun semakin tersingkirkan meski seluruh masyarakat suku Sami berhasil mempertahankan adat dan budaya mereka.

2. Suku Ainu


Jepang hampir sama seperti Indonesia yang terdiri dari banyak suku. Tapi suku Ainu sendiri selama ini justru tidak banyak diekspose bahkan suku Ainu nyaris tidak ada dalam catatan sejarah. Padahal suku Ainu sendiri dipercaya sebagai penghuni pertama pulau Hokkaido jauh sebelum Negara Jepang terbentuk.

Suku Ainu memiliki keunikan pada bentuk fisik mereka yang sangat jauh berbeda dari mayoritas masyarakat Jepang meski sebenarnya mereka termasuk rumpun Asia. Masyarakat suku Ainu cenderung lebih mirip orang-orang Eropa. Sayangnya keberadaan suku ini semakin terancam karena besarnya desakan mayoritas masyarakat Jepang yang menginginkan proses asimilasi bagi suku Ainu.

3. Suku Yokuts


Suku Yokuts sebenarnya hidup dalam kelompok besar yang mendiami bagian utara sampai timur Rusia Sayangnya kehidupan mereka yang sangat terisolasi secara geografis masyarakat suku Yokuts selama ini tidak banyak dikenal dunia. Berada di kota Oymyakon yang menjadi kota terdingin di dunia dengan suhu udaha yang bisa menembus hingga -50 derajat celcius membuat masyarakat Yokuts tidak terekspos karena umumnya dengan suhu seperti itu kehidupan memang nyaris tidak ada. Tapi bagi masyarakat Yokuts suhu tersebut sudah jadi keseharian mereka.


4. Suku Basque


Selama ini suku Basque yang mendiami daerah yang terletak diantara Perancis dan Spanyol ini adalah suku minoritas dengan populasi yang kecil. Tapi ternyata sejumlah pakar sejarah mengungkap jika suku ini adalah suku yang lebih dulu tinggal sebelum bangsa Indo-Eropa masuk memenuhi Eropa.

Tapi hal tersebut justru membuat suku Basque hidup terasingkan. Kabarnya hal tersebut terjadi karena suku Basque memiliki bahasa dan budaya yang sangat berbeda bahkan tidak punya kemiripan diantara dua Negara yang mengapitnya. Tak ayal keberadaan mereka seperti “tidak diakui”.

Keempat suku di atas mungkin hanya sebagian kecil suku minoritas yang tidak banyak ditahu keberadaannya, mungkin juga di tanah air sendiri masih ada beberapa suku yang mengalami hal serupa.

Categories : Ensiklopedia

PAGEVIEWS