Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Kita Sadari Bisa Merusak Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu organ vital manusia. Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga demi fungsi yang tetap berjalan optimal.

Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Kita Sadari Bisa Merusak Kesehatan Mata

Namun, ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mata. Hal itu secara tidak langsung juga membuat penglihatan menurun. Apa saja?

1. Membaca di ruangan bercahaya minim


Tak bisa dimungkiri, terkadang aktivitas kerja lebih nyaman untuk dilakukan di rumah. Menyalakan laptop dan membuka dokumen tanpa sadar dilakukan di ruang dengan pencahayaan yang minim.

Padahal, pencahayaan yang minim mengakibatkan mata tegang yang dapat berujung pada kekeringan. Mata yang kering rentan mengalami iritasi. Memperhatikan kecukupan cahaya adalah salah satu cara yang perlu diperhatikan sebelum Anda bekerja atau membaca.

2. Sering mengucek mata


Potongan lagu anak-anak yang mengajak anak untuk mandi setelah bangun tidur rasanya tak berlaku lagi. Kini, orang lebih terbiasa mengucek mata setelah bangun tidur.

Aktivitas mengucek mata biasa dilakukan akibat rasa gatal. Namun, hal itu dapat mengakibatkan kerusakan. Bakteri dari tangan akan berpindah pada mata hingga menimbulkan infeksi.

Selain itu, mengucek mata juga berisiko membuat kornea robek dan menimbulkan kerapuhan pada komponen mata lainnya.

3. Terlalu lama menatap layar handphone


Banyaknya kesenangan yang didapatkan melalui smartphone; mungkin Anda akan menjadi sering menatap layar handphone entah untuk bermain games, sosial media, atau selfie. Sayangnya, menatap layar smartphone atau perangkat elektronik lainnya terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata karena terlalu fokus pada satu titik daja dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan menimbulkan sakit kepala.

Oleh karena itu, biasakan untuk menerapkan aturan 20-20 untuk menjaga kesehatan mata Anda; yaitu 20 menit menatap layar smartphone atau perangkat elektronik lainnya dan 20 detik untuk melihat ke kejauhan agar mata Anda tidak sekedar fokus pada satu titik saja.


4. Tidur dengan makeup mata


Tentunya hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Makeup yang masih menempel pada mata Anda dapat menyumbat kelenjar di sekitar mata Anda dan akan menyebabkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan bisa saja muncul benjolan pada sekitar kelopak mata Anda. Selain itu, jika Anda tidur dengan menggunakan bulu mata palsu, lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata pada mata Anda dapat masuk ke dalam kornea dan menyebabkan peradangan.

5. Pakai obat tetes mata saat mata merah


Obat mata yang mungkin Anda beli di toko obat ternyata mengandung vasokonstriktor, bahan yang dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat membuat merah pada mata Anda tampak berkurang. Namun yang perlu Anda ketahui adalah, obat mata tersebut juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat masalah pada mata Anda dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mata merah, konsultasikan pada dokter mata agar didapatkan penanganan yang tepat.

6. Merokok 


Merokok memiliki efek buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan buruk ini juga dapat merusak kesehatan mata. Ada banyak bahan kimia di dalam rokok yang dapat merusak bagian sensitif pada retina, yang disebut makula.


7. Mata lelah


Terkadang, tanpa sadar kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada mata kita. Kita sering bekerja di depan komputer, menonton TV, bermain video game, membaca atau terus belajar selama berjam-jam. Ini menyebabkan kelelahan pada mata yang dapat memicu kerusakan mata.


8. Sinar UV 


Anda selalu disarankan untuk memakai kacamata hitam setiap kali Anda pergi keluar. Anda tahu kenapa? Sebab sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat membahayakan kesehatan mata. Sinar ini dapat membakar kornea dan menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina. Selain itu, sinar UV juga meningkatkan risiko katarak.

9. Alkohol 


Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Alkohol dapat menyebabkan masalah pada penglihatan Anda dan kesehatan mata secara keseluruhan. Anda mungkin akan mengalami penurunan kinerja visual, reaksi pipil yang lambat, sering migrain, mata kemerahan dan penurunan sensitivitas kontras.

10. Makanan tidak sehat 


Jika Anda mengikuti pola makan yang tidak sehat dan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, Anda akan lebih rentan terhadap banyak penyakit mata. Kekurangan Vitamin A menyebabkan kebutaan atau kesulitan melihat pada malam hari dan mata teras kering. Demikian pula, rendahnya asupan vitamin B-12 dapat menyebabkan penglihatan kabur atau penglihatan ganda.

Itulah hal yang dapat merusak kesehatan mata Anda. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!
Categories : Bugar

RELATED POST

PAGEVIEWS