Tips Pola Hidup Sehat Yang Tepat

Recommended

bugar kusmia

Tips Pola Hidup Sehat Yang Tepat - mengatur asupan makanan, menjalani pola hidup sehat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah:

-Olahraga secara teratur

Mungkin terdengar klise, tapi ahli medis tidak henti-hentinya menyarankan Anda untuk berolahraga secara teratur. Misalnya, berjalan kaki sekitar 30 menit tiap hari. Manfaat olahraga dapat memperlancar peredaran darah, membantu mengoptimalkan kinerja organ tubuh dalam proses metabolisme, dan mengurangi stres, sehingga membuat Anda merasa lebih segar, dapat tidur lebih nyenyak, juga dapat memperbaiki produksi zat kimiawi dalam tubuh. Hal-hal tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan.

-Kelola stres

Tingkat stres yang tinggi atau terjadi secara terus menerus dapat membuat Anda mudah terserang penyakit, baik ringan maupun berat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, ketika stres melanda, terjadi perubahan hormonal yang akan menekan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, berbagai penyakit mudah menyerang. Mulai kelola stres dengan bijak, bisa dengan bermeditasi, berinteraksi dengan orang lain, atau berkonsultasi pada ahli medis.

-Tertawa

Terdengar aneh? Mirip dengan berolahraga, efek tertawa akan membuat tubuh meningkatkan produksi hormon endorfin, yang membantu mengusir hormon stres yang ada di dalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah. Selain itu, tertawa akan meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi.

-Bergaul

Sebuah penelitian membuktikan, orang yang sendirian atau merasa kesepian, sistem kekebalan tubuhnya akan cenderung lebih lemah. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki teman dan kehidupan sosialnya baik, sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat. Karenanya, jangan ragu untuk bergaul dan sesekali bertemu teman.

-Tidur yang cukup

Penelitian telah membuktikan bahwa istirahat yang cukup akan meningkatkan pertahanan tubuh pada saat terkena serangan penyakit. Hal ini terkait dengan produksi protein sitokin oleh sistem kekebalan tubuh terjadi pada saat kita tertidur. Sitokin dibutuhkan ketika menghadapi infeksi, peradangan, maupun saat stres. Mencukupi tidur Anda minimal 7-9 jam perhari akan membantu menjaga kekebalan tubuh secara efektif.

Tips Pola Hidup Sehat Yang Tepat

Meski bahan-bahan makanan di atas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda tetap disarankan mengonsumsi bahan makanan yang bervariasi. Lalu kombinasikan dengan pola hidup sehat. Kedua hal tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Nah itulah Tip Pola Hidup Sehat Dari kami semoga bermanfaat
Recommended


Categories : Bugar
You May Like

YOU MIGHT ALSO LIKE

PAGEVIEWS