Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

buah apel

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan - Mungkin anda sudah mendengar pepatah yang mengatakan "Memakan Satu Buah Apel Setiap Hari Menghindari Diri Dari Doktet". Apel merupakan buah yang mudah didapat dimana apel dikenal sebagai buah yang mudah dibudidayakan. Kadang orang hanya menganggap buah apel sebagai makanan penyeimbang atau biasa disebut juga sebagai makanan pencuci mulut.

Namun yang mungkin tidak kita ketahui sebenarnya ada buah apel sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, dimana buah ini banyak mengandung nutrisi dan renda kalori. Berikut ini manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Kanker Payudara

Seperti fungsinya secara umum yanitu sebagai antioksidan. Kandungan yang dalam apel juga sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kanker Salah satunya adalah kanker payudara.

2. Mengontrol diabetes

Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes.

3. Mencegah Al-zheimer

Salah satu kandungan apel yang bermanfaat adalah quercetin yang uga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.Sehingga bagi anda yang rutin mengonsumsi apel akan sangat baik untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak.

4. Mencegah Kanker Hati

Oleh karena kandungan antioksidan pada apel, yang memiliki fungsi detoksifikasi ia juga sangat berfungsi untuk mencegah kanker hati.

5. Mencegah kanker usus

Kanker pada usus juga sangat berbahaya. Namun kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Melindungi tulang

Apel mengandung flavonoid yang disebut phloridzin yang sangat bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Selain sebagai antioksidan apel juga bisa digunakan untuk menetralkan kolestrol. Dalam hal ini apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%

8. Asma

Bagi seseorang yg menderita asma, tentunya sangat baik untk mengonsumsi jus apel tiap hari. Kandungan apel dpt mengurangi resiko seseorang terkena gangguan pernapasan. Oleh karena itu apel juga akan sngat baik bagi penderita asma dan jga bagi ibu dalam keadaan hamil.

9. Mengurangi berat badan

Apel tentunya sangat baik untuk menjadi menu anda bagi yang sesang menmpuh program diet, karena banyaknya kandungan yang baik bagi pencernaan.

10. Mencegah kanker paru-paru

Kandungan flavonoid, quercetin, dan naringin yg beberapa telah di bahas dia atas juga sngat berperan dlm mencegah kanker paru-paru.

Nah mungkin itulah sedikit pengetahuan mengenai manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh kita. Semoga Bermanfaat.
Categories : Bugar

RELATED POST

PAGEVIEWS