Tiga Tanaman Ini Bisa Menjadi Obat Herbal Untuk Penyakit Mata Katarak


Penyakit pasti ada obatnya baik menggunakan obat modern atau obat tradisional, Tanamn obat untuk mata katarak dilakukan dengan cara tradisional, penting kita kenal dan kita rawat tanaman-tanaman yang dapat bermanfaat untuk dirikita sendiri dan orang lain.

Katarak bisa terjadi karena lensa alami mata menjadi keruh atau berkabut, yang dapat mengakibatkan kehilangan pengelihatan. Salah satu penyakit mata kronis ini merupakan salah Satu penyebab paling paling umum yang diderita orang pada umur diatas usia 40 tahun dan Merupakan penyebab kebutaan khususnya di indonesia dan umumnya di seluruh dunia setelah Glukoma.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mata katarak dapat berkembang dapat terjadi karena Mata berulang kali terkena radiasi : sinar yang dipancarkan oleh komputer, handphone dsb dan Sinar Ultraviolet. Faktor resiko tertentu adalah diabetes, obat penenang, obat diuretik, mengkonsumsi steroid, menggunakan HRT, tokisitas logam berat dan merokok.

Apablia kita hendak mengobati penyakit mata katarak dengan operasi ada baiknya sebelum melakukan hal itu, perlu kita ketahuia beberapa tanaman obat tradisional.

 Berikut yang manfaatnya tidak kalah dengan operasi:

1. Daun Sirih (Piper betle)


Daun sirih merupakan tanaman asli indenesia yang hidup bersandar dengan pohon lain atau merambat. Hampir semua orang dari kita sudah mengenal apa itu daun sirih, daun berwarna hijau dengan tulang yang ada ditengahnya. Daun sirih sendiri terbagi dari beberapa jenis ada yang berwarna hijau yang bisa disebut dengan nama sirih hijau dan ada yang berwarna merah yang biasa disebut dengan sirih merah.

Khasiat daun sirih sudah lama dikenal bangsa indonesia yang merupakan negara tropis dari zaman nenek moyang sebagai tumbuhan obat. Banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari daun sirih diantaranya yaitu mengobati sakit mata katarak, rabun, baik rabun dekat maupun rabun jauh.

Cara mengolah daun sirih menjadi obat adalah sebagai berikut:

Siapkan daun sirih bisa merah bisa hijau yang masih muda dan segar ambil 3-5 lembar daun.

Cuci daun sampai bersih, namun jangan sampai melukai daun tersebut.

Rebus daun sirih sampai mendidih.

Setelah mendidih dinginkan dan masukkan ke dalam wadah bisa mangkuk, baskom dan sebagainya.
Setelah dirasa dingin muka/mata kedalam wadah tersebut (ditenggelamkan) dan mata dikedip-kedipkan.

2. Daun Sendok (Plantago major)


Tanaman daun sendok yang banyak kita jumpai di indonesia khusunya di pulau jawa, di jawa sendiri tanaman ini disebut dengan nama ki urat. Tanaman daun sendok sebagai obat memiliki banyak manfaat salah satunya dapat digunakan sebagai anti radang, peluruh dahak, melancarkan air kemih, menghentikan batuk, memperbaiki pengelihatan dan menormalkamn aktivitas hati yang berlebihan.

Kandungan-kandungan kimia yang terdapat dalam daun sendok diantaranya olifenol dan flavonoid disamping itu daunnya juga mengandung asam sitrat, vitamin c dll. dari kandungan – kandungan yang dimilikinya maka daun sendok dapat mengobati berbagai pnyakit pada mata khusunya katarak.

Cara pengolahan daun sendok sebagai berikut :

Siapkan setengah genggam daun sendok.

Cuci bersih hingga bersih dari tanah dan lumpur.

Rebus daun sendok dalam 3 gelas air hingga tersisa 2/4 gelas.

Air rebusan di saring, lalu diminum 3 kali dalam sehari.

Masing masing 3/4 gelas.

Sebelum diminum lebih baiknya ramuan obat dicampur dengan madu.

3. Ki Tolod (Isotoma langiflora)


Tanaman ki tolod merupakan tanaman obat terna tegak yang tingginya bisa mencapai 60 cm, yang memiliki kandungan senyawa alkaloid yaitu lobelin, isotomin serta lebelamin. Daunnya mempunyai kandungan alkaloid, flavonoid, polifenol serta saponin.

Tumbuh bercabang dari pangkalnya dan bergetah putih dengan rasa tajam yang getahnya beracun, namun bagian tanaman yang lain mempunyai antikanker (antineoplasmik), antiradang (antiflasmasi), yang bermanfaat untuk menyingkirkan nyeri dan menghentikan pendarahan.

Daunnya tunggal, helaian daunnya berbentuk lanset, duduk, dengan ujungnya yang runcing, pangkalnya menyepit, tepi daun bergerigi sampai melekuk dan berwarna hijau. Tumbuhan ini bisa kita temui di daerah sunda dan jawa.

Berikut cara membuat obat untuk mata katarak dari tanaman ki tolod :

Siapkan bunga ki tolod 3-5 tangkai.

Masukkan kedalam gelas yang berisih air bersih, lalu diamkan ± 5 menit.
Ambil, lalu teteskan ujung tangkai bunga ki tolod pada bagian mata yang sakit, masingmasing dua tetes.

Ada efek pada saat menggunakan mata terasa perih dan sepatm, Namun itu hanya sebentar, kemudian lakukan hal tersebut berulang mimimal 3x sehari.

Terimah kasih sudah berkunjung di blog kami dan semoga bermanfaat.
Categories : Bugar

RELATED POST

PAGEVIEWS