5 Buah Ini Sangat Cocok Dikonsumsi Buat Penderita Darah Tinggi

Recommended

Hipertensi atau dikenal juga dengan istilah tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi ketika tekanan darah mendorong pembuluh darah terlalu kuat. Dilansir dai heart.org, kondisi ini menyebabkan beban kerja jantung dan pembuluh darah menjadi lebih berat dan dapat memicu rusaknya jaringan halus di dalam arteri.


Penderita tekanan darah tinggi berpotensi lebih tinggi terkena penyakit kronis, seperti jantung, stoke, dan ginjal. Karena itu, penting untuk memperhatikan asupan makanan bagi tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan.

Berikut lima buah yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

1. Pisang

Pisang mengandung sekitar 422 mg potassium, sebagaimana mengutip laman medicalnewstoday.com. Kandungan potassium dan mineral yang tinggi pada pisang memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah. Hal senada turut disampaikan oleh American Heart Association bahwa potassium dapat meredakan ketegangan dinding pembuluh darah.

2. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang banyak direkomendasikan untuk para penderita tekanan darah tinggi. Semangka yang diperkaya asam amino (citrulline) baik untuk mengelola tekanan darah tinggi. Hal ini karena kemampuan citrulline dalam menghasilkan oksida nitrat guna melemaskan pembuluh darah dan membuat arteri menjadi fleksibel.

3. Delima

Dilansir dari laman webmd.com, kandungan antioksidan buah delima dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek. Biasanya delima dikonsumsi dalam bentuk jus. Namun, pastikan dalam mengonsumsi jus delima tanpa disertai gula tambahan.

4. Berry

Buah berry merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit dari tekanan darah tinggi. Buah ini diperkaya antioksidan berupa anthocyanin yang menghasilkan oksida nitrat. Dilansir dari laman healthyline.com, oksida nitrat dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

5. Kiwi

Diperkaya zat biodiktif, antioksidan, dan luten, kiwi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya mengurangi tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian Oslo University Hospital yang dipimpin oleh Mette Svendsen di Norwegia, kiwi dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik lebih signifikan sebagaimana dilansir dari laman consumer.healthday.com

Demikianlah pokok bahasan Artikel kali ini yang dapat kami paparkan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat.
Recommended


Categories : Bugar Kesehatan
You May Like

YOU MIGHT ALSO LIKE

PAGEVIEWS