Inilah 5 Jenis Tanaman Hias Penghilang Stress

Recommended

Tanaman hias memang menjadi salah satu hobi menghilangkan penat terutama di masa pandemi ini. Selain memperindah hunian, melihat tanaman juga bisa membuat perasaan lebih tenang.


Dikutip Beutynesia dari CNBC Indonesia ada 7 jenis tanaman yang memang memiliki manfaat menghilangkan stress. Berikut daftarnya.

Peace Lily


NASA menemukan Peace Lily sebagai salah satu tanaman paling efektif dalam menyaring racun dan polutan berbahaya dari udara. Salah satu manfaat utama yang diberikannya bagi kesehatan manusia adalah dengan memerangi bahan kimia rumah tangga yang beracun, termasuk benzena, xilena, dan karbon monoksida.

Peace Lily juga membantu menghilangkan spora jamur di udara. Oleh karena itu, ini akan membantu mengurangi gejala yang terkait dengan paparan jamur, termasuk iritasi mata, batuk, bersin, iritasi tenggorokan dan iritasi kulit.

Lidah Buaya


Lidah buaya atau Aloe Vera adalah pahlawan dunia anti-inflamasi, dan bisa digunakan untuk menyembuhkan luka atau hal-hal seperti terbakar sinar matahari, jerawat dan eksim. Tetapi tanaman ini juga memiliki kualitas pemurnian udara.

Penelitian menemukan bahwa paparan polusi dapat meningkatkan risiko gejala kecemasan, termasuk ketakutan, keinginan untuk menghindar, dan kecenderungan untuk khawatir. Tanaman Aloe Vera juga menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan kita dan memicu perasaan stres dan gelisah.

Snake Plant atau Lidah Mertua


Selain cantik, snake plant, dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap polutan beracun di udara, seperti formaldehida dan toluena yang memengaruhi tidur, suasana hati, dan tingkat energi. Ini akan menjadi pilihan dekorasi dalam ruangan yang sempurna sebab tanaman ini memiliki pengaruh positif pada kesehatan mental.

Lavender


Aroma wangi dari lavender yang menenangkan menjadikannya aromaterapi yang sempurna. Keharuman dari tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan rasa tenang dengan khasiat yang membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan mungkin rasa sakit ringan.

Melati


Peneliti telah menemukan bahwa melati ampuh meningkatkan aktivitas otak, menginduksi tidur dan membantu meringankan gejala penyakit mental. Studi telah menyimpulkan bahwa aroma tanaman ini memiliki manfaat terapeutik yang dapat digunakan sebagai alternatif obat untuk depresi, stres, kecemasan dan insomnia.

Aroma dari tanaman melati secara langsung berdampak pada zat kimia sistem saraf pusat otak yang dikenal sebagai GABA, yang menghasilkan menenangkan saraf, mengurangi kecemasan dan depresi ringan, dan meningkatkan kualitas tidur pada individu.

Demikianlah pokok bahasan Artikel kali ini yang dapat kami paparkan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat.
Recommended


Categories : Bugar Lifestyle Tips
You May Like

YOU MIGHT ALSO LIKE

PAGEVIEWS