6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Perlu Banyak Modal

Recommended

Ada banyak ide dan cara menghasilkan uang tanpa bekerja. Memperoleh pekerjaan konvensional memang akan mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Namun untuk mendapatkan penghasilan, terdapat beberapa pekerjaan non konvensional yang bisa menjadi pilihan Anda.


Di era teknologi canggih seperti saat ini, uang dapat dihasilkan dari mana saja, termasuk secara online. Ada banyak cara mendapatkan uang dari Internet, mulai dari menjadi pengembara digital atau dikenal dengan istilah digital nomad, marketing, hingga wirausahawan yang sedang naik daun , ada banyak ide bisnis yang dapat Anda coba di rumah menggunakan laptop dan koneksi internet yang solid.

Berikut 6 cara mendapatkan uang dari internet:

1. Bergabung dengan Platform Pelatihan Online

Selain membuka jasa online coaching di atas, Anda juga bisa menawarkan keahlian Anda di website pelatihan online, lho. Sudah cukup banyak platform yang menawarkan hal ini. Beberapa di antaranya adalah Clarity.FM dan Coach.me.

Jika dibandingkan dengan membuka jasa online coaching sendiri, potensi pendapatan Anda tak terlalu banyak. Tapi, bergabung dengan platform pelatihan online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang cepat karena Anda bisa terhubung dengan banyak klien.

2. Bergabung di Program Afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari Internet adalah dengan bergabung di program afiliasi. Rekomendasikan atau ulas produk jualan merchant (penyelenggara program afiliasi) melalui website Anda dan sertakan link afiliasi. Saat pengunjung membeli produk melalui link tersebut, Anda akan memperoleh uang dari Internet dalam bentuk komisi.

Bitcatcha, misalnya, mengulas layanan hosting, aplikasi VPN, dan site builder. Setiap kali ada ulasan yang dipublikasikan, pasti ada link afiliasi di dalamnya. Ikutilah program afiliasi yang sesuai dengan niche blog.

3. Membangun Toko Online

Situs e-Commerce, atau toko online, semakin populer belakangan ini untuk menghasilkan uang dari Internet. Terlebih lagi dengan adanya platform seperti WordPress dan WooCommerce yang mempermudah pembuatan situs e-Commerce.

Kalau Anda lebih suka berjualan produk fisik, memiliki toko online sudah pasti pilihan terbaik. Ada dua metode yang perlu Anda pertimbangkan agar toko online Anda sukses:

Buat dan jual produk ke target pembeli tertentu. Pastikan produknya sesuai dengan ceruk pasar (niche) yang Anda ketahui.

Beli barang-barang produsen yang lebih murah dari luar negeri. Setelah itu, beri kemasan baru dan pasarkan kembali dengan harga lebih tinggi.

Contoh toko online yang cukup sukses adalah SkinnyMe Tea, Beardbrand, dan Ratio Coffee.

Jika merasa metode pertama terlalu berisiko, coba metode kedua. Cari produk-produk populer di sejumlah platform, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau AliExpress untuk memasarkan hingga ke luar negeri. Kemas kembali dalam nuansa yang baru dan pajang di toko online Anda.

4.Menjadi Asisten Virtual

Siapa sangka, berkembangnya zaman ternyata juga membuka peluang pekerjaan baru sebagai asisten virtual. Maka dari itu, jika Anda mahir dalam membuat serta mengelola banyak rencana, menjadi asisten virtual bisa dicoba.

Tugas Anda nanti selayaknya asisten pada umumnya. Mulai dari pembukuan, mengurus e-mail, riset, entri data, dan lain sebagainya. Jika tertarik, Anda bisa mencari lowongan sebagai asisten virtual pada website freelance seperti Upwork, Fiverr, dan semacamnya.

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula satu ini cocok untuk Anda yang masih mahasiswa maupun ibu rumah tangga yang ingin menambah uang saku yang lumayan jumlahnya.

5. Admin

Bagi pengguna media sosial yang tidak punya kemampuan mencari peluang sendiri seperti di atas, masih ada cara mendapat uang dari internet lainnya, yaitu menjadi admin.

Admin social media sekarang ini bahkan sudah menjadi pilihan karier tersendiri, dan ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan seperti ini.

Selain cara konvensional yaitu jual beli, media sosial nyatanya masih menyediakan banyak lahan yang bisa dieksploitasi untuk meraup uang.

Cara di atas merupakan bagian dari memaksimalkan jejaring sosial yang pemakaiannya semakin meningkat tiap tahun. Seharusnya, jangan cuma konsumtif saat memakai media sosial, tapi jadilah pengguna yang produktif.

6. Membuat Blog

Membuat blog atau Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula tanpa modal. Berita bagusnya, siapapun bisa membuat dan menulis blog. Terlebih, tidak ada aturan pakem topik apa yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun.

Contoh sukses dari blogging adalah Randa Derkson. Ibu dari 2 anak ini adalah pemilik blog tentang makanan dan wisata, The Bewitchin Kitchen. Dalam salah satu postingan, Randa menyebutkan bahwa penghasilannya dari ngeblog bisa mencapai Rp 65 juta/bulan.

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlangganan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet.

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut.

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapatkan. Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan trafik dengan tepat.

Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Sponsored Posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda.
  • Afiliasi. Cukup tempatkan banner iklan afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut.

Nah, untuk dapat membangun blog yang baik, kami memiliki beberapa tips untuk Anda. Pertama, pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai. Kedua, aktiflah bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link. Ketiga, pelajari SEO agar lebih cepat mendapatkan pengunjung.
Recommended


Categories : Bisnis
You May Like

YOU MIGHT ALSO LIKE

PAGEVIEWS