Dengarkan Musik Membantu Jaga Kesehatan Otak

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Universitas Airlangga, Rita Vivera Pane mengatakan, mendengarkan musik bisa meningkatkan aktivitas kognitif pada otak yang membantu agar otak tetap sehat.


Dengarkan Musik Bantu Jaga Kesehatan Otak

"Pendekatan musik untuk kesehatan otak signifikan. Suara yang membuat rileks yakni berasal dari alam seperti kicau burung, angin, gemercik air, dan suara manusia yang indah," kata dia.

Menurut Rita, mendengarkan lagu juga bisa membuat seseorang merasa tenang.

Sejumlah studi juga menunjukkan mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan, tekanan darah dan rasa sakit, meningkatkan kualitas tidur, suasana hati, kewaspadaan mental, dan memori.

Selain Mendengarkan Musik, Perlu Juga Olahraga

Di sisi lain, dalam upaya menjaga kesehatan otak, kamu juga perlu melakukan aktivitas fisik yang terukur dan terstruktur atau olahraga.

Rita menyarankan olahraga dengan intensitas sedang 5-6 kali seminggu yakni aerobik, latihan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan selama 30-40 menit per sesi.

"Olahraga intensitas sedang, dirilis neurotransmitter yang akan menyehatkan otak, aliran darah ke otak juga akan meningkat. Lakukan olahraga dengan bervariasi," pungkasnya.

Semoga Bermanfaat,

Categories : Kesehatan Tips

PAGEVIEWS