Waspada! Tanda-tanda WhatsApp Dibajak Orang Lain

Recommended

Tanda-tanda WhatsApp dibajak orang lain perlu diketahui agar kamu selalu waspada. Sebab, sebagai salah satu aplikasi bertukar pesan paling populer, WhatsApp sering kali menjadi incaran para pelaku kejahatan.


Jika WhatsApp kamu diretas dan dibajak oleh orang lain, maka pelaku tersebut bisa membaca seluruh isi pesan dan mendengarkan percakapan yang kamu lakukan di dalam aplikasi. Bahkan, mereka juga bisa melihat kontak WhatsApp siapa saja yang kamu simpan.

Ketika akun WhatsApp dibajak, tentunya terdapat sejumlah tanda-tanda yang dapat terbaca dan disadari. Dikutip dari akun Instagram resmi Siber Polri, berikut ini tanda-tanda WhatsApp disadap orang lain yang penting untuk kamu ketahui.

1. Chat sudah terbaca

Tanda paling umum bahwa WhatsApp di ponsel kamu disadap oleh orang lain adalah ketika pesan baru yang belum kamu buka sudah terbaca. Sebagai contoh, kamu mendapatkan pemberitahuan adanya pesan baru di WhatsApp, tetapi ketika pesan tersebut dibuka ternyata sudah dibaca.

2. Riwayat di perangkat lain aktif

Pada bagian menu ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, kamu bisa melihat perangkat apa saja yang mengaktifkan akun WhatsApp kamu. Apabila kamu melihat ada perangkat asing yang tiba-tiba aktif, maka terdapat kemungkinan WhatsApp kamu sedang disadap.

3. Akun WhatsApp mendadak keluar dari ponsel

Tanda lainnya WhatsApp dibajak orang lain adalah akun WhatsApp yang mendadak keluar sendiri dari ponsel. Karenanya, selalu gunakan fitur keamanan two-factor authentication atau fitur keamanan ganda. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyadapan.

Pasalnya, perlu diketahui bahwa WhatsApp hanya mengizinkan pengguna login akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama pada satu ponsel saja. Jika WhatsApp di ponselmu keluar secara tiba-tiba, maka terdapat kemungkinan WhatsApp kamu sedang dibajak.

4. Terdapat aplikasi asing di ponsel

Tanda-tanda WhatsApp dibajak orang lain yang terakhir adalah ketika kamu menemukan adanya aplikasi asing di ponsel. Oleh sebab itu, cek kembali apakah pada perangkat kamu terdapat aplikasi asing yang terpasang.

Aplikasi asing pada ponsel tersebut merupakan salah satu upaya yang diambil oleh para peretas untuk menanam malware yang bisa berujung penyadapan.

Demikiaan sekilas artikel yang bisa saya utarakan dan semoga bisa bermanfaat.
Recommended


Categories : Tekno
You May Like

YOU MIGHT ALSO LIKE

PAGEVIEWS